Upside Down

Standard

Yang saya sadari selama hidup ini, saya nggak heran sama apa yang terjadi di hidup saya dan bagaimana hidup bisa jungkir balik dalam sekejap mata. Saya selalu inget apa yang saya lihat dan perasaan saya saat ngeliat hal yang ada di depan saya. Saya masih ingat waktu saya sekeluarga masih tinggal di rumah kontrakan orang tua saya, saya lihat mama saya tiduran di lantai sepulang saya sekolah. Mama saya keliatan capek dan shock. Tapi saya diem aja. Nggak lama kemudian, mama cerita kalo tadi mama abis disiram got sama tetangga yang nggak suka sama kita. Saya kaget parah, tapi saya yang masih SD bisa apa buat bantu mama.

Beberapa tahun kemudian, kita pindah dari rumah itu dan punya rumah sendiri. Udah nggak ada lagi orang yang jahat sama mama di lingkungan perumahan. Yang ada, saya yang dibully kakak kelas di sekolahan. Ada kakak kelas saya yang nungguin saya di depan pintu kamar mandi bareng sama gengnya dan udah siap menyergap saya. Saya ditendang dan baju olahraga saya diinjek-injek di depan kamar mandi. Orang tua saya ngamuk parah, mau nuntut kakak kelas saya tapi saya terlalu ketakutan buat ngadepin itu semua. Kakak saya yang waktu itu ada di Amerika, marah denger cerita saya dibully. Dia pulang dan dateng ke sekolah saya, nyari orang yang ngebully saya dan nampar dia di depan umum dan ngancem kalo sampe kakak kelas saya ngebully saya sekali lagi, kakak saya bisa ngelakuin hal yang lebih buruk lagi.

Di antara momen oon yang dilakukan kakak saya, saat itu saya merasa kakak saya adalah hero.

Beberapa tahun kemudian, saya masuk SMA. Semacam saya nggak tersentuh. Nggak ada yang berani sama saya karena saya terlalu menyebalkan untuk dilawan. Bisa berteman sama siapa aja, tapi nggak punya kawan kemana mana selain Wiraina dan Pastika. Berteman dengan anak anak yang super nakal di sekolah tapi tetep dapet ranking. Jarang masuk sekolah dan sering dihukum karwna pake sepatu yang salah atau terlambat sekolah, tapi tetep bisa catch up pelajaran. Seolah-olah hidup ada dalam genggaman.

Hidup di SMA sungguh bahagia. Walaupun tidak bisa matematika, fisika, dan kimia. Sayapun bukan anak IPA walaupun nilainya bagus semua. Buat apa? Bunuh diri kayaknya masuk ke IPA. Berhitung saja nggak bisa.

Kuliah adalah masa paling panjang dengan bab tersendiri yang punya banyak waktu untuk diceritakan. Jadi hari ini saya skip saja.

Lulus kuliah, saya bolak balik dari Indonesia ke Saudi. Beterbangan kesana kemari dengan mobilitas tinggi. Belajar sana sini, kehilangan banyak hal tapi juga mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman berharga. Saya inget ada salah satu bocah yang maki-maki saya di depan 91 jamaah sambil tunjuk tunjuk saya di Bandara Soekarno Hatta. Jamaah yang lain prihatin lihat saya tapi nggak bisa berbuat apa-apa. Saya rasa dimaki-maki nggak bikin saya rugi, jadi saya sekali lagi cuma bisa diem aja.

Ada masa dimana saya bingung kenapa ada banyak sekali orang yang minta dijodohkan sama saya. Saya bisa lihat bagaimana orang-orang lihat saya dengan pandangan yang nggak masuk akal seolah-olah saya ini sangat berharga. Padahal kalo mereka tau aslinya saya savage abis, mungkin saya udah dibuang di rawa rawa. Dan alhamdulillah saya benar. Insting saya jarang banget salah. Hampir semua orang yang nggak jadi sama saya, at the end of the day keliatan aslinya. Dan saya bersyukur, nggak berakhir bersama mereka.

Ada waktu-waktu dimana saya ada di atas dan ada waktu dimana saya ada di titik terendah dalam hidup saya. Saat saya berada titik itu, saya kembali dipertemukan oleh orang-orang di atas. Saya ingat betul bagaimana mereka di awal begitu sopan menginginkan saya sebagai keluarga tapi begitu tau saya ada di titik terendah dalam hidup saya, mereka melihat saya semacam sesuatu yang nggak layak ada di depan mereka, sebagai kriminal yang nggak bertanggumg jawab. Saya nggak akan lupa setiap tatapan dan perasaan yang mereka kasih ke saya. Dan saya bersyukur setiap hal yang saya lalui membuat saya menguatkan diri bahwa saya harus bangkit jadi orang yang lebih peka terhadap sesama. Begitu banyak orang dengan gampangnya mengabaikan sesamanya yang sedang tertimpa musibah, semoga saya tidak menjadi salah satunya. Karena diabaikan saat kita ada di titik terendah dalam hidup itu rasanya menyakitkan. Tapi saat itu kita akan menyadari siapa diri kita dan siapa yang benar benar peduli pada diri kita.

Saya tidak akan pernah lupa bagaimana mereka memperlakukan saya di setiap titik dalam hidup saya. Saya percaya saya akan bangkit suatu saat nanti. Bangkit menjadi pribadi yang lebih kuat. Bukan harta yang membuat kita kuat dan terhormat tapi kebesaran hati. Dan saat kita bisa menerima setiap keadaan yang terjadi pada diri kita dengan besar hati dan penuh syukur, inshaa Allah semua akan berlalu dengan lebih ringan. Karena hanya kekuatan Allah yang meringankan hal yang berat.

Terima kasih untuk mereka yang pergi. Setiap memang hidup kita selalu butuh seleksi. Mereka yang tidak satu frequensi nantinya juga akan tereliminasi.

Hidup itu serba tidak pasti. Kadang di atas, kadang di bawah. Kadang seperti roda, kadang seperti jalanan menuju puncak, dia berbelok belok.

Be tough. Have a faith.

Advertisements

26

Standard

Udah telat sebulan seharusnya ngepost bahas masalah ini. Dulu saya rajin banget bikin postingan sesuai umur. Tapi seiring berjalannya waktu, saya semakin tua dan semakin males nulis sesuatu yang nantinya membawa kontroversi khususnya di jaman now yang penuh drama. Padahal sebenernya hidup saya udah drama sebelum jaman ini, tapi sekarang netizen lahir dengan penuh drama dan besar dengan klimaks dramanya masing-masing. Entah bagaimana nanti jadinya. 

Memaknai umur 26 ini rasanya saya semakin nggak punya ambisi dan nggak kepingin apa-apa. Karena seperti perjalanan hidup sebelumnya, semua yang saya pengen dan saya punya, ilang begitu aja tanpa keinginan saya. Di umur 26 ini saya harus lebih banyak belajar menerima diri saya sendiri yang nggak punya apa-apa. Dan berpesan pada semuanya, bahwa nggak ada perjalanan hidup yang bisa dipukul rata. Cerita yang tejadi sama si A, belum tentu terjadi sama si B. Cerita yang bagus pada awalnya, belum tentu bagus pada akhirnya. Sama kayak hidup kita semua. Saya nggak berharap ini terjadi sama kalian semua, tapi belajar dari kasus saya, mungkin nanti akan kita harus kehilangan sesuatu yang benar-benar kita inginkan, kita harus meninggalkan orang yang benar-benar kita inginkan, kita harus membatalkan sebuah mimpi yang kita impikan, dan pada akhirnya kita harus menerima kenyataan. 

Mungkin di luar sana juga banyak yang menderita. Ada yang umur 26 tahun hidupnya penuh dengan hutang dan nggak punya pekerjaan tetap dengan gaji yang stabil. Ada yang umur 26 nggak punya temen karena nggak ada lagi orang yang bisa dipercaya setelah banyak kasus. Ada yang umur 26 mau menikah tapi penuh drama akhirnya cuma bisa dateng ke nikahan temen-temennya sambil mendoakan kebahagiaan temen-temennya, seenggaknya dari hidup kita harus ada orang di sekitar kita yang bahagia. 

Apa yang tertinggal dari semua ini adalah pelajaran rasa syukur, rasa ikhlas, dan pengharapan. Setelah ini mungkin akan lebih banyak kekecewaan, tapi dengan itu kita akan bisa belajar bahwa kadang kita hanya perlu mengikuti alur. Kekecewaan terjadi karena kita mendapati kondisi yang berlawanan dari apa yang kita harapkan. Selama kita bisa menahannya, nggak perlu rasanya kita merana. 

Saya bersyukur saya masih hidup sampai saat ini. Masih dikuatkan. Masih diberi rezeki. Karena kalo kita mati berarti rezeki kita memang sudah putus. Selama kita masih hidup, berarti rezeki kita masih ada. Jadi saya nggak putus pengharapan. Mungkin rezeki ini ada di tempat yang saya nggak tau, saya cuma menjalani bagian yang saya mampu. Sisanya, saya serahkan sama Allah. Apa yang saya inginkan, saya nggak lagi memaksakan. Apa yang akan berjalan, biar berjalan sebagaimana mestinya. Apa yang hancur, biar hancur sebagaimana mestinya. Di sisa usia yang terus berjalan tanpa banyak pilihan ini, sisa tenaga dan waktu yang saya punya sebaiknya saya gunakan untuk fokus pada apa yang memang ditakdirkan untuk saya. Qadarullah wa maa syaa fa’ala. 

Alhamdulillah ala kulli haal. 

Pernikahan dan Kelainan 

Standard

Baru kali ini saya bawa jamaah cuma 18 orang. 19 orang termasuk saya. Tapi kayaknya saya lebih cocok dihitung sebagai unidentified living object daripada human being saking absurdnya. Dari 18 orang ini, hampir semuanya berpasang-pasangan. Termasuk sandalnya. Cuma saya yang belom menikah. Dan semua yang ada disini udah kayak yang bener-bener mau jadi WO dan ngebiayain resepsi nikah super megah entah dananya dari jual sawah dan tanahnya siapa. 

Jamaah pada semangat banget mau ngejodohin saya sama pangeran Arab. Udah kayak kenal aja sama pangerannya. Kayak tetanggaan biasa minta garem kalo lagi kehabisan aja. Ada juga jamaah yang udah ngelist daftar kerjaan orang yang harus saya nikahin dan epiknya, dia menaruh pegawai pupuk di list nomer satu. Pegawai bank dan pegawai rokok harus ada di luar prioritas termasuk juga pegawai pajak. Katanya karena gajinya nggak jelas sumber dan tujuannya. Abis pegawai pupuk, dia nyuruh saya memilih pegawai GMF. Trus dia nyuruh saya nikah sama mutthawif atau tim handling. Masha Allah luar biasa tekadnya yang kuat dalam memotivasi saya. Dia juga udah bilang kalo saya nanti punya anak supaya gini gini gini…

Saya sampe kebengong bengong sampe sekarang. Ini udah jam 23.32 disini dan saya masih bengong. Bengong karena saya belom dapet hidayah alasan saya menikah. Saya ngerasa nggak wajar karena yang lain begitu pengen menikah tapi saya enggak. Saya tau rasanya orang-orang yang pengen menikah. Dulu saya pernah ngerasain itu juga. Tapi namanya trauma akan ninggalin luka lama yang kalo kepegang masih sakit rasanya. Kayak salah satu line yang pernah saya tulis, waktu kita sakit semua yang keliatan indah akan tetap menyakitkan. Salju yang terlihat indah akan terasa dingin menusuk tulang. Tapi saat kita bahagia, salju yang turun akan terlihat indah walaupun dingin di badan. Tapi salju akan tetap menjadi salju dan semoga luka lama mungkin akan sembuh oleh waktu. 

Saya ngerasa nggak normal karena nggak kepengen menikah. Saya ngerasa kalo saya menikah, akan ada orang yang tersakiti. Entah itu saya sendiri ataupun orang lain. Dan pembicaraan tentang pernikahan itu selalu membuka luka lama yang berusaha saya hindari. Seneng liat orang yang nikah dan menikmati pernikahannya. Keliatan bahagia banget karena saling suka dan nyaman satu sama lain. Saya bahkan nggak bisa suka sama orang lain. Kemarin sempet tertarik sama orang dan adek saya bilang kalo itu sebuah progress yang sangat bagus. Tapi dua hari kemudian saya udah lupa kenapa kemarin saya suka sama orang itu. Trus udah nggak suka lagi. Ada yang salah kayaknya. Tampaknya saya harus pergi ke psikolog. Jangan-jangan saya kelainan..

Biar Apa Hidup? Biar Pernah

Standard

Alhamdulillah nulisnya nggak jadi kemarin. Kemarin mendadak dapet inspirasi yang drama banget gitu tentang cinta. Yaelah. Abis itu langsung masuk angin gara-gara mikirin cinta. Cinta ternyata bikin masuk angin ya. Pantesan Rangga pergi ke Amerika, mungkin karena kalo deket cinta dia jadi bokek karena terlalu sering beli tolak angin.

Iya, saya tau saya absurd.

Yang saya heran dari keabsurd-an ini, ada aja yang minta saya jadi pemateri tentang kepribadian di beberapa sesi. Bahkan di instagram ada yang nyebut saya panutannya. Kayaknya anak-anak jaman sekarang mulai tersesat, macem domba-domba yang kemarin luput dari persembelihan. Kakak senior saya bahkan heran kalo saya yang jadi pemateri kepribadian.

“Mep, jangan diajarin yang aneh-aneh ya generasi penerus kita. Nanti mereka jadi absurd semua kepribadiannya kayak kamu,” gitu coba katanya kakak senior saya.

Gapapa, absurd itu indah. Disyukuri aja, begini adanya. Gini-gini, saya juga salah satu masterpiecenya Allah. Hahaha. Menghibur diri boleh dong. Siapa lagi yang bakal menghibur saya, kalo bukan diri sendiri. Wkwkwk. Mungkin karena saking absurdnya saya, orang yang saya suka, nggak suka saya, dan orang tua saya nggak suka sama pilihan saya, dan sahabat saya pergi lamaran tanpa ngasih tau saya. Gitu kali ya. Wkwkwk. Tapi gapapa. Kalo sahabat, pasti ngasih tau. Gapapa, semua ada hikmahnya. Gapapa.

Coba hitung ada berapa kata gapapa di paragraf sebelumnya? Ngasih kerjaan aja ya. Padahal yang baca aja belom tentu ada.

Anyway, kemarin saya baru sampe rumah setelah sejak tanggal 1 pergi. Malemnya saya yang awalnya nggak apa-apa, tiba-tiba panas aja gitu. Panas banget. Sampe spreinya ikut panas. Dan kalo lagi kaya gitu biasanya saya langsung tiba-tiba ngerewelin orang. Orangnya langsung dengan sigap kasih saya instruksi, mulai dari nyiapin air, minum obat, matiin AC, pake selimut, dia juga bilang kalo bangun sahur ya sahur sekalian, kalo masih sakit puasanya ditunda dulu, sampe akhirnya saya teler dan nggak bangun sahur. Alhamdulillah, saya langsung tidur tadi malem jadi paginya bisa bekerja dengan semangat. Dan alhamdulillah saya rewel ke orang yang tepat, karena dia udah biasa banget kalo saya tiba-tiba sakit kayak gitu, tanpa panik. I wonder, semoga besok saya berjodoh dengan orang yang kayak gitu. Yang ngerti saya banget, yang bisa diandelin, yah alhamdulillah kalo gantengnya kayak Lee Min Ho, kalo enggak ya kayak Song Joong Ki, gapapa deh. Lah.

Tapi still, saya bersyukur bahwa saya belum dipertemukan dengan jodoh saya. Dan saya juga bersyukur karena banyak juga temen-temen yang belum disegerakan untuk menikah. Why? Karena tahun 2017 ini super banyak yang menikah. Dan waktunya almost barengan semua. Bayangin saya yang harus kesana-kesini, nyumbang sana-nyumbang sini, sampe bokek. Ini padahal belum semua temen. Coba kalo semua temen satu angkatan dipertemukan dengan jodohnya, dimampukan, dan disegerakan menikah, dan mereka akan menikah dalam waktu yang almost barengan kayak yang sekarang? Gila gila gila, subhanallah. Saya yang gila maksudnya. Bisa nggak jadi naik haji lagi saya lantaran kebanyakan nyumbang. Amazing emang. Amazing spiderman.

Dan saya bersyukur lagi nih (pokoknya hidup isinya harus bersyukur, bersyukur aja terus), karena saya belum dipertemukan dengan jodoh saya. Kenapa? Supaya nanti kalo saya udah dipertemukan dengan jodohnya, keadaan orang-orang udah jauh lebih baik dari yang sekarang. Jadi mereka kalo dateng ke nikahan saya, nyumbangnya per orang 1 juta minimal. Trus ada yang nyumbang mesin cuci, microwave, ONH plus, Mitsubishi Outlander, dll sebagainya. Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah.

Gitu ceritanya, semua ada hikmahnya. Kalo ditanya, buat apa gini, buat apa gitu, biar apa gini, biar apa gitu, jawab aja, BIAR PERNAH. Pernah suka, terus ternyata orangnya nggak suka sama kita, jadi kita pernah sakit hati, pernah kecewa, pernah berharap, pernah salah pilih, dan lain sebagainya. Hidup itu emang buat nyobain ini itu dan pinter-pinter ambil hikmah dari segala sesuatunya. Sumpah deh, capek kalo ngikutin baper dan angan-angan yang udah jelas udah patah, kecuali kita bangkit, berdiri tegak, mandi yang bersih dan wangi, pake baju yang rapi, dan kemudian jalan lagi sambil belajar dari setiap hikmah yang kita petik dari kisah-kisah sebelumnya. Tetep semangat ya, kamu nggak sendirian. Kamu masih bisa berbagi dan saat kamu berbagi, jangan lupa menyisakannya untuk diri kita sendiri. Bagaimana mungkin berbagi kalau bahkan diri ini tidak memiliki? Karena untuk berbagi, kita harus kuat dan berdikari.

Alhamdulillah, (Masih) Dikira Berangkat Haji…

Standard

9 Dzulhijah, jamaah haji sudah mulai wukuf di Arafah. Sementara saya, calon jamaah haji yang ketinggalan ini nonton TV Makkah lagi penggantian kiswah kakbah di kantor. Adem banget rasanya. Iya pantesan adem, soalnya saya duduk di bawah AC. Saya emang dijadwalin berangkat bareng jamaah haji tanggal 25 Agustus 2017, tapi karena visa saya nggak keluar jadi saya nggak bisa berangkat tahun ini. Qadarullahu wa ma sya fa’ala.

Tapi entah darimana kabar ini beredar ya, padahal saya nggak pamitan haji, ada aja yang ngira saya udah berangkat haji. Ada yang ngechat saya nitip doa, ada yang nelpon saya, ada juga yang ngira saya hari ini wukuf di Arafah ngedoain sambil juga nitip doa. Dan waktu saya tadi malem lagi makan sama temen saya, ternyata yang punya kafe juga ngiranya saya berangkat haji, makanya dia mau nitip parfum ke saya. Subhanallah.

Dan lucunya, ada jamaah dateng ke kantor bilang ke saya ceritanya mau nyeritain adeknya yang gagal berangkat haji.

“Eh Mbak, adek saya daftar jamaah haji 125 juta lha kok nggak jadi berangkat to, Mbak, katanya apanya gitu nggak keluar,”

“Hmm..visanya, Bu,”

“Oh iya, visanya Mbak. Kok iso ngono kuwi piye to, Mbak. Mungkin to mbak kayak gitu itu?”

“Iya bu, harusnya saya juga hari ini berangkat. Tapi karena visanya nggak keluar jadi saya disini deh nemenin ibu-ibu ngobrol.”

Terus jamaah saya semua ketawa. Saya ikut ketawa. Saya nggak tau juga sih saya ketawanya kenapa. Antara mau nangis tapi nggak sedih dan ketawa tapi nggak bahagia. Yaudah nggak masalah daripada menye-menye mending saya nggak jelas begini. Rasanya jadi yang nggak jelas gini lebih aman. Biar nggak sama kayak yang lain. Kan, anti mainstream. Yang lain aja berangkat haji, saya ntar deh. Kan jagoan datang belakangan.

Menghibur diri.

Siluman Ular Putih, What A Snake

Standard

Saya sebenernya sama sekali nggak inget ceritanya Siluman Ular Putih. Cuma masih inget-inget lagunya yang kayak gini liriknya,

Ada satu janji, harus dipatuhi

Janji dewa untuk putri,

bila suatu hari dia melanggar janji,

Si Putri Yang Jelita berubah menjadi ular

Inilah janji dan pesannya dewa yang harus slalu diturut

Tak boleh bohong, sombong, tinggi hati, harus jujur dan baik budi

Semua janji, tinggallah janji, Sang Putri tak ingat lagi

Karena pengaruhnya dunia, akhirnya dia lupa diri

Gitu lagunya kurang lebih. Saya juga sebenernya kurang tau kenapa kok orang-orang itu suka manggil Scarlett Johanson sebagai wanita ular. Apa ada hubungannya sama Siluman Ular Putih? Cuma logikanya aja kalo disebut ular itu berarti licik. Kayak peran-peran yang dimainin sama Scarlett Johanson juga kan peran-peran yang licik begitu.  

Nah saya juga baru baca Kisah Shahih Para Nabi, sampe di bagian Nabi Adam dan Hawa makan buah Khuldi. Ternyata yang ngerayu Nabi Adam dan Hawa untuk makan buah khuldi adalah seekor hewan. Tebak hewan apa?

Kemudian hening sampe maut memisahkan karena nggak ada yang jawab.

Exactly. Ular. Ini saya jawab sendiri, karena nunggu dijawab orang lain kayak nunggu jawaban pertanyaan,”Kapan nikah?”

Jadi, memang si ular ini udah melambangkan kelicikan tertentu. Belakangan ini saya juga nemuin orang yang nggak jelas banget asal usulnya yang ternyata sejak 2 tahun yang lalu sudah main-main di belakang saya. Well, beliau adalah ibu dari 2 orang anak. Sekarang udah nikah ketiga kali. Saya juga nggak ngerti kenapa dia kok lari-lari di pikiran saya dan selalu bikin penasaran apa salah saya sampe bikin dia nggak suka banget sama keluarga saya.

Di depan saya, beliau luar biasa baik. Ngajakin saya jalan-jalan, ngirimin hadits-hadits, cerita kalau beliau pengen pake cadar, dan sekarang beliau sudah pake cadar. Mancing saya buat cerita banyak hal yang saya tau trus kemudian dia jadikan senjatanya buat jadi manusia yang serba tau. Subhanallah.

Tapi di belakang saya, dia bilang ke semua orang kalo saya ini punya motif jahat dan nggak diperlukan lagi, sehingga lebih baik nggak usah dipake lagi. Saya juga baru tau belakangan ini kalo saya sesampah itu buat dia. Waktu denger itu, saya shock sih. Cuma karena saya nggak sayang sama dia, jadi nggak sesakit waktu mau nikah tapi nggak jadi. HAHAHAHA. Ketawain aja shay, biar nggak keliatan ngenes.

Waktu denger ada berita ini, saya memang sempet lemes dan bingung apa yang sebenernya terjadi ya. Kayaknya semua keliatannya baik-baik aja. Kok ternyata dia jahatin saya. Saya mau marah juga nggak bisa. Jadi saya diem aja. Baru hari ini saya nemu panggilan yang tepat buat dia. Rasanya bukan Scarlett Johanson yang seharusnya dipanggil wanita ular, seharusnya si ibu-ibu bercadar dengan 2 anak di suami ketiga ini yang dipanggil wanita ular. Saking licik dan bermuka duanya, saya sampe bingung muka yang asli yang mana, yang pantes ditampar yang mana, tapi kok sayang tangan saya mau pegang barang haram, nanti najis dan harus disucikan pake tanah. Naudzubillai min dzalik, jangan sampe anak keturunan kita kena penyakit hati kayak gitu dan bikin kita jadi another of snake family.

Amit-amit jabang bayi lah, jangan sampe jadi siluman ular putih. Oh, what a snake..