Standard

I really appreciate my mom yang membesarkan saya hingga saya menjadi awesome. Ternyata nggak gampang, khususnya kalo tiba-tiba seusia saya disuruh mengasuh anak. Sebagai single parent sementara tante dan om saya pergi haji, saya mengasuh adek saya mulai dari urusan belajar (yang ternyata anak jaman sekarang malesnya naujubile), nemenin berenang ato nonton film kartun, nyiapin baju sekolahnya buat besok, nyiapin bekal, nyiapin makan, jawab semua pertanyaannya yang di luar kepala, berhadapan dengan ibu ibu temen sekolahnya dia, berhadapan sama guru sekolahnya dia, masih harus beresin rumah (lebih parah kalo ditinggal pembantu), dll.

Kemarin lagi beres beres rumah pagi-pagi ditelpon gurunya adek saya. Katanya adek saya sakit dan saya suruh jemput. Saya ke sekolah sambil gembel. Trus di mobil saya tanyain dia sakit apa, abis itu saya beliin makanan favoritnya dia soto kudus, dia abis dua mangkok. Oke fix ini bocah nggak sakit. Akhirnya sampe rumah dia ngaku kalo dia tadi kayak gitu cuma karena ngantuk.

Sebagai gantinya daripada dia di rumah nggak ngapa-ngapain akhirnya saya suruh ikut bersih bersih rumah yang segede gaban tak berpenghuni ini. Dan doi mau. Malemnya saya tanya gurunya PRnya dia apa (jaman sekarang yang aktif orang tuanya bukan muridnya 😂) trus saya ajak latian soal selese ngaji dan makan.

Begitu udah selese masalah adek adek, dia tidur, ganti saya urus masalah kerjaan. Sekarang baru kepikiran kenapa jadi full time house wife itu berat. Apalagi kalo kerja. Apalagi kalo single parent. Apalagi kalo nggak punya pembantu.

Nggak semua orang bisa ngerti karena nggak semua orang ngejalanin. Apalagi laki-laki. Zzz. Ini pengalaman yang luar biasa buat saya. Nambah insight baru dan sudut pandang baru tentang punya anak, keluarga, pekerjaan, and well, hidup.

View on Path

Leave a Reply

