Ikan

Standard

Random sih.

Tadi pagi saya turun sarapan sambil ngeliatin kolam ikan. Secara kegiatan orang galau itu emang nggak pernah masuk akal, jadi ya maklum aja. Masih mending saya cuma ngeliatin kolam ikan, nggak minum air kolam ato makan ikan mentah.

Sebentar saya salah fokus.

Sambil ngeliatin kolam ikan dan ikan yang lagi mangap mangap kayak kelaperan tapi kalo dikasih makan dia nggak mau. Mungkin dia juga puasa.

Apa nih salah fokus melulu.

Terus saya mikir. Mumpung masih bisa mikir. Kasian ikan-ikan di kolam saya. Dia cuma bisa di dalem kolam sampe mati. Toh digoreng juga enggak. Apa yang dia lakuin tiap hari cuma mangap-mangap sampe mati. Kasian kan?

Ikan di laut juga gitu. Cuma bisa di laut. Tapi laut mah luas, banyak yang bisa dieksplore. Ikannya bisa jalan-jalan men macem jebraw. Sedangkan ikan di kolam bisa apa?

Kasian.

Trus saya mikir. Saya ini bukan ikan. Kenapa saya harus stuck sementara saya punya banyak pilihan? Paling kemungkinan dari berbagai pilihan itu adalah gagal atau sukses. Kalo gagal, masih ada pilihan untuk bangkit atau terpuruk. Akan selalu ada persimpangan. Manusia selalu bisa berubah arah.

Leave a Reply

