Cooking Day with Stephanie Felicia

Standard

Udah beberapa hampir dua minggu ini, temen saya ngidam masakan rumah. Beda kayak saya yang sering pulang ke Malang dan bisa minta pembantu untuk masakin, dia tinggal di kos dan jarang pulang ke Kudus. Sementara itu, saya yang tinggal di apartemen punya dapur pribadi (yang sangat amat kecil, bahkan lebih kecil dari kamar mandi rumah saya) dan sering masak masakan rumah macem tumis kacang panjang, tumis kangkung, atau sayur bobor.  Jadi, kita memutuskan buat masak di apartemen saya.

MENU HARI INI ADALAH SAYUR BENING, MENDOAN, DAN BAKWAN JAGUNG.

Semua bahan kita beli di Fresh Open Market Citraland, dengan total 28rebu rupiah. Yang mana biasanya setiap hari dengan duit segitu adalah duit kita sekali makan/orang. Tapi hari ini adalah hari spesial, jadi dengan duit segitu kita bisa masak sepanci penuh, mendoan yang numpuk, dan bakwan jagung yang membanjiri Citraland. Intinya adalah, kita masak kebanyakan.

Selain masak kebanyakan, kita masak dengan waktu yang sangat amat lama. Kalo diibaratin sama kuliah, kayaknya butuh waktu 4 sks buat nyelesein masak.

Awalnya kita mau bikin sayur bening dengan jagung yang utuh dan kita potong bulet-bulet. Tapi entah kenapa tenaga kita nggak cukup kuat untuk motong jagung. Udah gantian, tetep nggak kuat. Udah jagungnya diketok-ketokin ke talenan, tetep nggak mau patah. Udah nelepon tante yang ada di Magelang, tanya trik gimana motong jagung, tetep nggak bisa. Udah bbm kakak yang ada di Amerika, tetep nggak nemu jalan keluar. Udah Googling, tetep nggak bisa. Sampe akhirnya pinjem pisau tetangga, barangkali pisau saya kurang tajem, tetep aja nggak kuat motong jagungnya.

Akhirnya? Kami menyerah, dan memutuskan untuk nggak jadi motong jagung, melainkan diserut.

Berusaha memotong dengan berbagai upaya, berbagai pose, dan bermacam doa.

Berusaha memotong dengan berbagai upaya, berbagai pose, dan bermacam doa. Akhirnya nggak jadi motong jagung, diserut.

Setelah jagung-jagung itu kami serut, jadinya malah kebanyakan. Akhirnya memutuskan bikin bakwan jagung.

Jagungnya kebanyakan!

Jagungnya kebanyakan!

Selain jagungnya kebanyakan, wortelnya juga kebanyakan. Jadi kami memutuskan untuk bikin bakwan jagung yang kita kasih wortel juga.

Wortelnya juga kebanyakan!

Wortelnya juga kebanyakan!

Sampai akhirnya semua bahan untuk bakwan jagung dan mendoan selesai kita siapin.

Bahan-bahan untuk bakwan jagung dan mendoan sudah siap, saudara-saudara..hmm..hmm..

Bahan-bahan untuk bakwan jagung dan mendoan sudah siap, saudara-saudara..hmm..hmm..

 

Kalo dipikir-pikir, bakwan jagung yang kita buat ini, lebih mirip heci. Tapi warnanya malah jadi lebih cantik dan rasanya enak banget.

Bakwan jagung, accidentally.

Bakwan jagung, accidentally.

Yang jadi masalah selain stuck di pengolahan jagung, adalah kompor. Kompor yang saya punya adalah kompor portable dengan tabung gas yang kecil. Karena di apartemen saya nggak boleh ada tabung gas yang besar. Jadi butuh waktu yang sangat amat lama untuk masa 3 macem masakan itu tadi. Selain itu, saya juga belom pernah bikin mendoan. Ini baru pertama kali, tapi alhamdulillah mendoan yang kita bikin sedep banget.

Mendoan dan adonannya

Mendoan dan adonannya

Dan karena api di kompor nggak bisa terlalu besar, jadi mendoan pertama yang kita goreng butuh waktu lama. Apalagi waktu saya nggak sengaja buka pintu kamar dan nggak tau kalo angin dari luar bisa bikin api kompor saya mati. Sempet beberapa saat api kompor nggak mau nyala lagi. Kayaknya api kompor saya ngambek karena capek dan nggak mau dipake masak lagi.

Mendoan perjuangan. Walaupun apinya sempet mati, tapi dia tetep berusaha agar bisa bangkit lagi.

Mendoan perjuangan. Walaupun apinya sempet mati, tapi dia tetep berusaha agar bisa bangkit lagi.

Mulai dari belanja, siapin bahan masakan, masak, cuci peralatan masak yang kotor, akhirnya kita baru mulai makan jam setengah 4 sore.

Selamat makaaaaan!

Selamat makaaaaan!

Mau tau kenapa kita bangga sama masakan kita? 1. Warnanya cantik banget; 2. Rasanya enak

Nggak percaya? No edit nih ya fotonya.

Mendoan dan bakwan jagung ala Melva dan Ste

Mendoan dan bakwan jagung ala Melva dan Ste

Dan ini dia makanan kita hari ini, selamat menikmatiiiiiiiii….

Selamat menikmatiiiii

Selamat menikmatiiiii

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s