Move On

Standard

Bagian hidup saya yang ini, namanya Move On. Silakan tanya, “Move on lagi?” dan jawabannya adalah YES. Basically, what’s the point of being alive kalo kita nggak bergerak? In this case, bergerak adalah maju, bukan mundur. Walaupun mundur juga berarti bergerak.

Kadang kita nggak perlu memahami semua yang sedang terjadi. Karena kadang ada hal-hal tertentu yang semakin dipertanyakan semakin tidak terlihat jalan keluarnya, entah menemui jalan buntu atau menimbulkan pertanyaan lain yang lebih susah untuk dijawab.

Kadang kita cuma perlu menerima apa yang sedang terjadi, membiarkannya terjadi, dan melihat apa yang dia bawa dari semua kejadian ini. Berharap yang datang adalah hal yang baik, bukan berarti tidak mempersiapkan diri untuk hal yang buruk. Mempersiapkan diri untuk hal yang buruk, bukan berarti menutup hati akan hal baik yang mungkin terjadi.

Ada kalanya kita mendapati orang yang datang pada kita pada waktu-waktu tertentu. Kadang kita menggerutu, karena merasa beberapa orang datang hanya pada saat mereka butuh. Pemikiran yang wajar, sedangkan tanpa sadar  diri kita sendiri membiarkan mereka melakukannya berulang kali.

Seringkali, kita menyalahkan keadaan yang terjadi padahal banyak keadaan yang kita alami terjadi atas  kehendak kita sendiri. Aneh kan?

Saya mungkin tidak bisa memaafkan, melupakan, menerima, dan memaklumi begitu saja banyak hal yang salah yang terjadi di masa sebelumnya. Satu-satunya jalan adalah terus berjalan dan menghindari kesalahan yang kita  benci, kesalahan yang pernah terjadi. Menjadi lebih kuat, menguatkan hati sebelum membantu menguatkan orang lain. Dan yang paling penting adalah menyadari bahwa apa yang terjadi dalam hidup kita berada di bawah kendali kita masing-masing.

Menjaga hati itu penting. Menjaga diri juga sangat penting. Dan yang lebih penting, jadilah diri sendiri. Jangan biarkan lukamu membuatmu berubah menjadi seseorang yang bukan dirimu. Jikalaupun kamu harus berubah, berubahlah ke arah yang lebih baik.

Move the hell on!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s