B U A H

Standard

Tugas UKM Jurnalistik minggu ini adalah tentang buah. Semua orang juga tau buah itu apa kan jadi saya tidak perlu repot mendeskripsikan buah itu seperti apa. Buah dibagi menjadi dua. Yaitu, buah yang bisa dimakan dan buah yang nggak bisa dimakan. Berikut adalah gambar dari contoh jenis buah yang nggak bisa dimakan.

Disebut buah hati. Kenapa tidak bisa dimakan? Karena kalo dimakan kamu akan disebut kanibal, dan orang tua mereka akan marah kalau kalian makan buah hati mereka. Bisa bisa kalian akan dimakan balik sama orang tuanya. Lagian, kalian tega makan buah hati yang sedemikian lucunya? Yah, saya yakin kalian bukan Sumanto kan..

Dipikir itu bukan buah? Selain ada buah hati nampang disitu, disampingnya kan ada tulisan juga “SUCCESS”. Sukses itu juga merupakan buah, wahai Saudara Saudari se tanah abang…tanah air maksudnya. Merupakan buah dari keberhasilan. Usaha kalian yang jungkir balik tuh ya, mulai dari semangat, dipatahkan, semangat lagi, galau lagi, semangat lagi, pada akhirnya pasti akan berhasil. Yakin aja, nggak ada usaha yang sia sia.

Itu gambar bolpen sama buku yang ada tulisannya kan? Nah. Yaudah itu juga termasuk buah. Buah pena namanya, ketika pena mulai bergerak…srek srek srek srek dan ternyata yang kamu coret adalah baju temanmu, ya siap siap lah untuk digorok. Apapun yang dihasilkan oleh tinta dalam bentuk karya (maksudnya bukan tinta yang mblobor) disebut buah pena. Termasuk gambar/sketsa/grafiti yang masih di tulis di kertas pake pensil ato pulpen, kalo grafiti yang pake pilox namanya buah pilox. Ya kali ya.

Secara yang saya sebutin bukan buah dalam arti sebenarnya, silakan baca di wikipedia tentang buah dan penjelasan ilmiah tentang buah karena saya yakin disana akan jauh lebih banyak tentang buah dibandingkan dengan yang akan saya tulis.

Buah adalah hasil. Mulai dari bibit, ditanam, tumbuh pohon, mekar kesana kemari, menjadi pohon, ada buah kecil, kemudian menjadi buah besar, sudah matang, kemudian busuk. Itulah siklus buah. Jadi, pohon yang memproduksi buah bisa dibilang sebagai pohon yang berhasil. Selamat ya buat para pohon yang sudah berhasil! Yang belum, silakan coba lagi.

Kesan pertama setiap orang setiap denger kata buah adalah buah yang bisa dimakan. Ya kan? Buah memang ada bermacam macam, sebagian besar buah selalu bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain mengandung nutrisi, buah juga santapan segar yang menggugah selera. Well, selain buah yang kita tau cuma bisa dimakan, buah juga bisa dijadikan hiasan, jadi inspirasi bagi buah imitasi, buat sarana bagi pengedar narkoba dengan memasukkan narkoba ke dalam semangka (believe it or not it happen), buat obat, dsb..dsb.. Setidaknya kata dsb akan membuat manfaat buah lebih banyak dari yang telah saya tulis.

Ada yang tau hubungan dari buah dan nasionalisme? Lemme tell you, people.

Kita harus bangga akan tanah air yang gemah ripah loh jinawi ini, karena di negara kita inilah buah buahan yang worldwide yang kita tau itu berasal. Di negara ini pula banyak buah-buahan yang unik dan sangat-amat-susah ditemukan di negara lain. Berikut buah buahan yang nasionalis :

  • Pisang. Buah yang sering dibilang makanan monyet ini adalah asli Indonesia loh. Sayangnya sekarang pangsa pisang dunia adalah Amerika Latin, secara 65% pisang di dunia ini dari sono. Ya, kecuali ada dari kita yang mau bikin hutan pisang buat nyaingin Amerika Latin, saya dukung gaan.
  • Durian. Siapa sih yang nggak kenal durian? Buah yang punya ciri khas dan unik ini juga berasal dari Indonesia, mamen. Dari baunya, rasanya, dan….durinya kita semua kenal durian lah. Sayang sekali lagi yah, banyak yang nggak tau kalo durian ini asli Indonesia. Kebanyakan orang lebih kenal kalo Durian itu dari Thailand, ya nggak heran juga sih soalnya Thailand suah berhasil mengembangkan 300 varian durian. Doubel yu ow dobel yu tanda seru.
  • Manggis. FYI ya, om saya bisa makan manggis 2kg dalam satu hentian makan lho. Yak, manggis yang biasa dijuluki “Ratu Buah” konon bisa bikin Ratu Victoria tergila gila sama rasanya yang asam manis. Selain itu, manggis juga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang bagus buat tubuh kita.
  • Kedondong. Sebenernya buah ini sudah pernah ditanah di Florida, tapi kayaknya orang Amerika bahkan nggak ngeh kalo “sesuatu” tersebut adalah buah. Kedondong yang katanya bisa dijadiin obat sakit tenggorokan kalo kalian telan biji kedondong trus tarik lagi ini, just kidding but serious, ditemukan di Indonesia bagian timur. Di dunia Internasional, kedondong lebih dikenal dengan nama yang lebih keren yakni, Ambarella. Mirip lagunya Rihanna yah, on my ambarella..ella..ela..eee…
  • Jambu air. Jambu memang ada banyak macamnya, jambu air salah satunya dan buah tersebut berasal dari Indonesia. Jambu air ini ada beberapa warna, merah, ijo, putih. Biasanya yang paling manis yang warna merah. Tapi saya lebih suka yang warna ijo, lebih seger dan ngga terlalu manis. Di dunia internasional, jambu air djuluki Java Apple. Bagus kan, ada Javanya? Eksis gitu loh Java, Java…
  • Belimbing. Buah yang terkenal manjur sebagai penurun darah tinggi ini, juga asli Indonesia. Pada tau kan bentuk buah belimbing? Yang kalo dipotong, kita bisa ngeliat bentuk bintang. Dari bentuk yang demikian, bisa dimengerti sekarang kenapa orang barat menyebutnya sebagai Starfruit.
  • Duku. Buah duku meskipun asli Indonesia dan rasanya enak, selain produksi terbesar juga di Indonesia namun entah mengapa masih susah menembus pasar ekspor. Mungkin ada di antara kita yang nantinya akan membawa duku sebagai produksi buah yang worldwide. Sehingga selain buahnya, kita juga bisa menahbiskan diri sebagai nasionalis. Amin.
  • Rambutan. Indonesia memang kreatif ya dalam memberi nama buah buah lokal, yang berambut diberi nama Rambutan, yang berduri  diberi nama Durian. Kelihatannya rambutan memang ditakdirkan untuk hidup di Indonesia, karena pada tahun 1906 Indonesia mencoba mengekspor rambutan ke Amerika, ternyata disana si buah berambut ini nggak bisa hidup. Dan nowadays Malaysia dan Thailand berkompetisi dalam mengolah rambutan menjadi buah kaleng.
  • Salak. Walaupun menurut penelitian, salak merupakan buah yang paling tidak bervitamin, tapi saya cukup bangga karena salak ini merupakan buah nasionalis dan buah khas di daerah Sleman dimana terdapat Agrowisata Turi buah Salak. Sayang sekali lagi, bahwa buah ini lebih dikenal berasal dari Thailand atau Malaysia.

Nah, demikianlah buah pena saya tentang buah yang merupakan buah pikiran dari brainstorming saya. Sudah capek membaca kata buah? Baiklah, selamat  menikmati euforia inspirasi dari buah. Salam Buah.

Melva Sabella IBM UC / 1010231

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s